Senin, 06 November 2017

To Whom It May Concerns #5: Music

Maybe it is safe enough to say that music is THE one thing that is constantly being a part of my life. And I want to keep it that way.

(Postingan ini enaknya dibikin sesuai timeline aja ya) 
(Intinya mah isinya semacam CV tapi isinya yang berhubungan sama musik doang gitu)
(Yuk mari)

Kangmas Kaebu

Kalo lihat di album foto jaman dulu, ada foto saya kira-kira umur 2-3 tahunan, gangguin Bapak yang lagi main gitar. Si gitar itu mereknya Kaebu. Sudah ada sejak sebelum saya lahir. Makanya, kata Bapak, saya kudu manggil si gitar pake sebutan 'Mas'. Since then I always refer to guitars as 'he'. You know, just like people always refer to boats as 'she'.

Desaku

Waktu TK nol besar, saya disuruh guru saya nampil nyanyi solo pas acara pentas akhir tahun ajaran. Entah dengan pertimbangan apa. Awalnya mau nyanyi Ambilkan Bulan Bu, tapi ujung-ujungnya diganti jadi nyanyi Desaku. Nyanyi di tengah panggung gede di depan sekian banyak murid dan ortu dan guru, tapi saya selow aja. Namanya bocah, belum kenal apa itu demam panggung.

Electone

The very first instrument I learn formally. Dulu dilesin di Yamaha Madiun. Jaman kelas dua SD kalo ga salah. Ini juga saya gak paham kenapa ibu saya memilih untuk ngelesin saya electone, bukan instrumen yang lain. Seingat saya electone itu mirip keyboard, tapi ada dua tingkat atas bawah gitu. Terus ada pedalnya banyak di bawah. Sejak les electone ini saya udah sadar saya nggak suka baca partitur yang pake not balok. So I cheated. Di rumah saya terjemahin itu not balok ke angka, terus latihan di rumah sambil baca not angka. Terus saya hapalin. Jadi pas waktunya les lagi, saya pura-puranya main sambil baca not balok, padahal mah udah ditranslate dan dihapal. I still do that, you know. Everytime I find a good song and it's too hard to learn just by watching youtube video, I look for the score, do some translations, and I'm good to go!

Naik-naik Ke Puncak Gunung

Saya lupa ada angin apa waktu itu. Suatu hari pas saya kelas lima SD saya menghadap Bapak, 'Pak, aku mau diajarin gitar.' Maka jadilah hari itu saya diajarin main lagu Naik-naik Ke Puncak Gunung. Kuncinya cuma CGF doang, tapi saya udah bangga banget ketika berhasil mainin lagu itu. Soalnya udah pake ganti-ganti bass, misalnya pas main C, bass nya ganti-ganti C dan G gitu. Buat anak ingusan kayak saya itu udah sophisticated banget haha. 

Nah. Berbekal self confidence hasil belajar lagu Naik-naik Ke Puncak Gunung, saya belajar satu lagu lagi yang ketika itu lagi ngehits banget: Mimpi yang Sempurna. Kemudian suatu hari saya bawa si Mas Kaebu ke sekolah. Hari itu saya jadi artis sehari. Temen-temen saya terutama yang cowok-cowok pada takjub begitu tau saya bisa main gitar, pada minta diajarin. 

Romance d'Amour

Bapak dulu sering banget mainin lagu ini pake si Mas Kaebu. Entah karena saking seringnya atau karena buat saya lagunya bagus banget saya jadi minta diajarin. Nggak full juga, palingan ga nyampe semenit. Lagu inilah yang pertama kali saya pake buat latihan arpeggio.

Kursus, Oh, Kursus

Ketika cabut dari Madiun, udah jelas les electone nya berhenti. Di Surabaya, saya dikursusin keyboard. Waktu itu saya ngga betah, soalnya yang diajarkan ngga seperti yang saya bayangkan. Jadi diajarinnya kayak ngiringin orang nyanyi pake built-in music yang ada di keyboard, tangan kiri tinggal mencet-mencet chord aja gitu. Akhirnya si kursus gak dilanjut.

Pindah ke Bandung, dikursusin lagi, kali ini privat. Si gurunya orang UPI jurusan piano, panggil saja dia Mbak D. Dateng ke rumah seminggu sekali. Saya ngga betah juga. Karena apa ya? Mungkin bosen kali ya. Atau metode ngajarnya kurang enak. Atau karena si gurunya cewek? Haha.

Di saat yang sama ketika saya les sama si Mbak D, adek saya dilesin gitar ke temennya si Mbak D, namanya Kang M, yang notabene anak UPI juga, jurusan gitar. Kemudian karena sifat saya yang maruk, saya minta les gitar juga ke Kang M. Setelah beberapa lama saya stop les ke Mbak D, tapi masih bertahan sama si Kang M. Karena si Kang M ini ternyata seru, dia nawarin 'Kamu kalo mau bisa main lagu sesuatu, pinjemin saya kasetnya, nanti saya dengerin, minggu depan saya ajarin.' Buat saya itu tawaran yang menarik sekali. Ada satu lagu hasil diajarin si Kang M yang sampe sekarang masih jadi salah satu lagu andalan saya: Samudra Mengering, Jikustik.

Saya berhenti les di Kang M di penghujung SMP, soalnya biar fokus belajar. Waktu SMA saya kok merasa pingin kursus lagi. Bilang ke Ibu. Kata Ibu, boleh. Akhirnya saya daftar kursus piano. Iya, piano. Di Yamaha. Dari awal lagi. Dari nol lagi. Baca not lagi. Dan seperti yang sudah kita semua duga, tidak bertahan lama. Haha. Setelah yang ini, saya udah insaf ngga ikutan kursus-kursusan lagi.

Ujian Praktik Ensemble

Waktu SMP, ujian praktik seni musik nya adalah music ensemble. Jadi tiap kelas kudu bikin grup-grup gitu, terus hari H ntar dites nya per grup. Berhubung kelas saya isinya cuma delapan kepala, ya udah cuma jadi satu grup aja. Saya main gitar, sisanya pada main pianika dan suling recorder. Waktu itu kami main lagunya Peter Pan yang Semua Tentang Kita. Saya inget saya puas banget mainnya pas hari H ujian. Ngga banyak salah, yang nonton juga kayaknya antusias. Oiya ini ujiannya di ruang serba guna di sekolah, ditonton sama anak-anak kelas lain yang lagi nunggu giliran. Kemudian setelah selesai perform, ada yang nyamperin. Anak kelas lain, saya gak kenal tapi kayaknya pernah liat doi ngeband pas pensi (pentas seni). Kata dia, 'Kamu yang tadi main gitar ya? Keren tadi mainnya.' Kemudian saya baper. :')

Thousand Miles

Dulu saya suka banget nonton channel MTV. Suatu hari saya nemu vidio klip nya Vannessa Carlton yang Thousand Miles. Menurut saya catchy banget lagunya, dan vidio klip nya pun unyu. Yang belum pernah nonton bisa coba dicek di yutub ya. Saking saya suka lagunya, akhirnya saya ulik lah itu pianonya. Lagunya diputer terus berulang-ulang sampe ketemu gimana cara mainin pianonya. Jadilah lagu ini sebagai lagu pertama banget yang saya ulik dengan cara didengerin doang. Bangga? Iya. Haha.

Musik Klasik Tiga

Dulu jaman SMA ada ekskul namanya Musik Klasik Tiga, alias MK3. Pada realisasinya ngga klasik-klasik amat sih, banyak mainin lagu pop pas nampil mah. Di ekskul ini, para angggotanya latian main musik bareng secara rutin gitu terus kalo ada event (atau mungkin bikin event sendiri) ditampilin. Alat musiknya ya macam gitar biola piano, ada vokal juga, sama mungkin perkusi. Ya jadi saya ikutan di awal-awal, daftar. Ikutan latihan barang sekali dua kali terus ga betah for some reasons. Kenapa ya dulu itu? Kayak auranya kurang bersahabat(?) gitu deh rasanya. Saya cuma inget di awal-awal pas baru join para anak baru suruh berkelompok mainin satu lagu di depan para senior. Kelompok saya mainin Untitled nya Maliq. Saya main apa? Gitar pastinya.

Keluarga Paduan Angklung SMA 3

Selain daftar MK3, saya daftar KPA3, Keluarga Paduan Angklung SMA 3. Tapi yang ini betah. Karena mungkin saya udah jatuh cinta dari pertama denger suaranya. Waktu demo ekskul kan KPA selalu mainin lagu-lagu paling megah nya mereka, macam Santorini dan Winter Games. Terus venue nya di aula pula, yang bikin suara angklungnya bergaung bikin merinding. Pas pertama latihan juga, langsung ngerasain betapa main angklung itu sesuatu banget. Kita ngga bisa egois, mesti peka sama kanan kiri, tau kapan harus main pelan kapan harus powerful. Satu orang bisa pegang 3 sampai 6 angklung. Saya dulu pegang 6 btw haha. Cangkeul. 

Siapa tau ada yang kurang familiar sama angklung nih ya. Angklung itu alat musik tradisional dari Jawa barat. Dibuatnya dari bambu. Cara mainin nya (mainly) digetarkan. Jadi si angklung dipegang atau digantung di tangan kiri, tangan kanan yang menggetarkan. Satu angklung cuma mainin satu nada saja, jadi ga mungkin satu orang mainin satu lagu sendirian. Angklung yang dipake di KPA, nadanya udah ngikutin nada diatonis biasa. Jadi lagu pop yang kayak gimana juga bisa dibikinin aransemen buat angklung nya. 

Selain angklung, ada yang namanya akom. Kayaknya diambil dari 'accompaniment' ya. Pengiring. Bentuknya mirip angklung tapi dia digantung di tiang khusus. Yang main biasanya satu orang. Yang jadi pengiring ga cuma akom, selain itu ada juga bass betot atau contrabass. Untuk perkusi ada hi-hat cymbal dan bass drum biasanya. Selama ikutan ekskul KPA saya udah pernah nyobain main semua alat yang saya sebutin barusan. Ya kan mumpung ada kesempatan belajar kan. Paling demen main yang mana? Saya masih lebih suka main angklungnya sih. Hehe.

Lingkung Seni Sunda ITB

Jaman kuliah dulu saya awal-awal daftar unit (versi kuliahan dari ekskul) lumayan banyak. Tapi yang bertahan cukup lama cuma LSS ini. Sesuai sama namanya, Lingkung Seni Sunda, unit ini adalah unit kebudayaan Sunda yang ada di ITB. Mewadahi mahasiswa-mahasiswa yang beneran Sunda atau malah ada juga non-Sunda tapi pingin belajar kesenian Sunda. Sebenarnya pada awalnya saya ga ada niatan atau minat mau belajar kesenian Sunda, saya cuma ikut-ikutan temen aja (kebetulan karena SMA saya di Bandung, jadi temen SMA banyak banget yang daftar si LSS ini).

Saya dulu baru awal-awal udah niat ga ngelanjutin. Bahkan gak ikutan ospek unit nya. Tapi tiba-tiba di tengah-tengah ada temen yang ngajakin, 'ul ikutan pagelaran yuk'. Jadi setahun sekali si LSS ini bikin pagelaran gitu kan. Nah ketika itu ajakan si temen saya iyain. Akhirnya saya masuk ke kelompok yang menampilkan tarian namanya Tari Dermayu. Latihan rutin seminggu dua kali. Saya jadi penabuh gamelan yang mengiringi para penari, main saron 2. Gimana main gamelan sunda seru ngga? Seru! Lagu-lagu sunda temponya relatif lebih cepat ketimbang lagu jawa. Apalagi di Tari Dermayu ini ada bagian-bagian dimana saron 1 dan saron 2 main bersahut-sahutan. Di awal susah tapi kalo udah lancar jadi keren banget didenger(dan dilihat)nya. Setelah pagelaran kelar, saya gak lanjut lagi di LSS. Karena udah masuk himpunan. Dan kuliah-kuliah mulai susah. Eike anaknya sulit multitasking kan :3

Karaokean

Waktu kuliah saya nemu rekan-rekan seperjuangan yang ternyata anak mall. Jadi kami paling sering melepas penat di mall. Kegiatan utama ya antara makan, nonton, atau karaokean. Saya sampai lulus SMA belum pernah ke tempat karaoke. Image tempat karaoke dulu tuh kayak yang tempat remang-remang buat mesum gitu lah haha. Tapi ternyata tidak demikian adanya. Yaaa asal tempat karaokean nya yang franchise yang udah tenar dan terpercaya gitu lah ya. Macam NAV atau Inul Vista. Saya yakin tempat karaokean yang plus-plus juga pasti ada. Anyhoo. Karaokean akhirnya jadi semacam kebiasaan. Ngga pernah ada satu bulan yang terlewatkan tanpa karaokean sama sekali. 

Soundcloud

Awal-awal migrasi ke Kroya sini kan saya suka geje sendiri cari hiburan. Suatu hari seorang rekan mencetuskan ide 'kenapa kamu ga bikin akun soundcloud aja?' Dari situlah. Akhirnya. Saya bikin akun. Akunnya diisi apaan? Hahaha. Apa ya. Cover-cover lagu gitu. Ini ceritanya melanjutkan hobi karaokean jaman kuliah. Tapi kali ini karaokean nya di kamar dan direkam. Dan diaplot. Musiknya awalnya cuma cari di yutub. Cari versi yang buat karaoke, tanpa vokal. Kadang-kadang minta bikinin musik iringannya ke temen yang ada gitar. Waktu itu saya kan gapunya gitar. 

Suatu hari saya menemukan online sequencer, dimana saya bisa bikin semacam instrumental buat ngiringin lagu. Convenient, karena dia gratis dan online. Jadi buat lagu-lagu yang saya gabisa nemu versi karaoke nya di yutub saya bikin sendiri musiknya di si online sequencer. Kalo bisa bikin musik buat lagu yang rada kompleks rasanya puas banget haha. Nah online sequencer ini ternyata adalah versi tercupu dari sofwer yang buat bikin musik. Saya sempat donlot (dan install) yang namanya Fruity Loops Studio, versi (jauh) lebih canggihnya. Tapi karena satu dan lain hal sampe sekarang belum saya oprek lagi. 

Sofwer berikutnya yang rada menarik juga adalah Audacity. Dia gratis dan ngga berat, makenya juga ngga susah kalo udah diulik dikit-dikit mah. Di audacity ini, kita bisa ngemix beberapa rekaman terpisah untuk dijadiin satu lagu utuh. Sebelumnya kan kalo bikin rekaman buat sonklod saya primitif banget: nyalain musik, sambil nyanyi, sambil direkam. Sekali rekam langsung semua komponen. Kalo didengerin lagi nggak oke, ulang lagi full dari awal. Nah setelah kenal audacity, saya jadi bisa ngerekam musiknya dulu, terus rekam nyanyiannya, terus disatuin. Kalo ada yang salah bisa rekam ulang tapi di sepotong aja ga perlu full. Terus bisa ngatur volume suara atau volume musik. Bisa ngilangin (atau at least ngurangin) noise juga. Pas lagi demen-demennya sama audacity saya sempet bikin coveran lagu yang akapela, yang ada banyak suara. Seru pokoknya!

Akhir-akhir ini saya udah ga pernah aplot coveran di sonklod lagi. Haha nanti deh. So far udah bikin tiga akun (karena doyannya gratisan dan satu akun ada batas maksimal berapa menit aplot rekaman). Akankah ada yang ke empat?

Red

Tahun pertama saya di Kroya, saya sempat diajakin senior ke 낙원 악기 상가. Nagwon Akgi Sangga. Nagwon nama tempatnya. Akgi itu artinya alat musik. Sangga itu pertokoan. Pas saya kesana saya takjub banget parah. Jadi ini tempatnya kayak BEC (Bandung electronics center) gitu konsepnya, tapi bukannya elektronik, dia jualannya alat musik. Doang. Semua toko jual alat musik. Saya kalo ga salah pernah nonton episode Running Man yang lokasinya di tempat ini sih. Tapi setelah didatengin beneran lebih menakjubkan. Haha maaf lebay. Tapi waktu itu saya beneran excited pas kesitu.

Anyhoo. Si senior berniat beli gitar baru. Dia liat-liat gitar kan, terus pas nemu yang dia suka, eh harganya melebihi budget. Kemudian dia nawarin ke saya 'gimana kalo kita belinya patungan setengah-setengah, nanti kalo saya pulang ke Indo, gitarnya jadi punya kamu'. Dan saya iyakan. Bahkan saya ga inget waktu itu si gitar harganya berapa. Tahun kedua saya di sini, si senior beneran pulang ke Indo for good. Gitarnya dititip ke temen, terus si temen lulus dan pulang ke Indo juga, gitarnya berpindah tangan lagi ke temen berikutnya. Gak saya ambil-ambil karena mager. Sampai pada akhirnya di awal tahun 2017 ini barulah saya ambil si gitar dari tempat si temen yang berikutnya tadi. 

Ketika si gitar sudah di tangan, saya rasanya 'kenapa ngga dari dulu saya ambil ya.' Kayak 'where have you been all my life?' Begitu sudah di pangkuan, rasanya klik gitu. Ngga berat, ngga sakit di tangan, 'lingkar leher' nya pas juga jadi nggak perlu struggling kalo main kunci gantung. 

I named him 'Red'. Terinspirasi dari karakter Red di Shawshank Redemption. Ceritanya saya Andy nya. Haha.

Sejak ada si Red ini saya mulai sering bikin rekaman dalam bentuk video. Biar apa? Biar terpacu buat lebih mahir main gitar. Biar kalo main ngga salah-salah mulu. Kan keliatan di videonya kalo salah main. Dan biar bisa inget si lagu-lagu yang pernah dimainin kuncinya apaan aja. Saya sekali main suka terus langsung lupa blank sama sekali kalo disuruh main lagi. Jadi kalo ada video bisa tinggal ditiru lagi aja.

Smule

Beberapa tahun terakhir si smule ini lagi cukup ngehits ya. Semacem app buat karokean gitu. Kalo mau karokean sendirian kudu jadi member VIP dan bayar tiap bulan. Ogah. Kalo bukan VIP karokeannya palingan bisanya duet sama orang. I'm totally fine with that! Justru malah seru duet-duetan sama orang. Apalagi yang orangnya suaranya enak didenger. Kadang bisa buat ngetes kemampuan pronunciation bahasa Kroya, nyanyi lagu Kroya. 

Gamelan di KBRI

Mulai bulan Mei kemarin KBRI menyelenggarakan latihan gamelan Jawa buat siapa aja yang berminat. Saya lihat iklannya di fb. Terus saya daftar. Kenapa? 
1. Karena biar ngga membangkai dirumah mulu di akhir pekan
2. Karena saya udah punya basic main gamelan Sunda, jadi nggak dari nol banget
3. Karena saya orang Jawa, harus kenal (dan bisa main) kesenian Jawa dong!

Sebelum latihan hari pertama saya chat Simbok dulu, yang notabene jaman kuliah dulu ikutan unit kesenian jawa. Dalam dialog di bawah ini, A adalah saya, S adalah simbok.
A: bu aku mau ikut gamelan di KBRI. Enaknya main apa ya.
S: bonang aja.
A: oke.

Ya jadilah saya main bonang. Awalnya diset buat main bonang barung. Bonang barung itu perannya kayak semacam patokan tempo kedua setelah kendang. Terus dia seringnya main jadi pembuka lagu, main sendirian di awal lagu. Tapi kemudian ada dilema baru yaitu ternyata bonang satunya lagi yang namanya bonang penerus itu jauh lebih susah karena temponya dua kali lebih cepat dan variasinya lebih ribet dan ga ada yang mau main. Jadilah akhirnya saya ditumbalkan main bonang penerus. So far so good. Seru. Susah, tapi seru. Pingin nyoba main instrumen yang lain juga tapi ini bonang biar jago dulu lah.

Gayageum

Suatu hari di bulan Ramadhan tahun ini saya diceritain oleh seorang rekan kalo dia selama spring kemarin ikutan kelas gayageum untuk foreigner di gugak center. Btw gugak itu, guk itu negara, atau nasional. Ak nya itu musik. Bener ga ya ini translasi nya. Iyain aja lah ya. Nah, karena bayarnya hanya 30ribu won buat tiga bulan, menurut saya ngga terlalu mencekik. Akhirnya saya daftar.

Jadi di situ sebenernya ada tiga kelas: gayageum, haegeum, dan janggu. Gayageum itu semacem kecapi gitu. Haegeum kayak rebab, alat musik gesek. Janggu itu semacem kendang. Saya pilih gayageum karena saya paling ga bisa main alat musik gesek. Dan prefer instrumen yang mainin melodi ketimbang perkusi. Mungkin semester spring tau depan saya mau ambil kelas lagi, tapi entah bakal haegeum atau janggu. Istikhoroh(?) dulu.

Saya penasaran sih sama gayageum ini. Kayaknya sih berpotensi juga buat dipake mainin lagu-lagu normal. Maksudnya bukan yang lagu tradisional Korea. Kalo duit masih bersisa setelah lulus nanti saya mau cari gayageum second ah. Buat dibawa pulang.

***

Demikian. Setelah ditulis semua kayaknya jauh lebih panjang ini ketimbang CV resmi. Haha. Should I maybe do music-related stuffs professionally someday? (kapan) (kapan-kapan)

Tidak ada komentar: